Deskripsi 7 Program Andalan Fuad Hidayat



"Agar perut rakyat terisi, kedaulatan rakyat perlu ditegakkan. Rakyat hampir selalu lapar bukan karena panen buruk atau alam miskin, melainkan karena rakyat tidak berdaya.
-Mohammad Hatta (1902–1980), proklamator RI".

Simak satu persatu uraian program Fuad Hidayat berikut ini:

1)   Birokrasi bersih & pelayanan baik
Pemerintah Daerah harus bersih dari praktik-praktik tidak bermoral, bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, dan harus bisa menjadi teladan yang baik bagi masyarakat. Aparat bukan abdi raja, melainkan pelayan rakyat melalui sistem kerja profesional sesuai kompetensinya. Banyaknya SDM yang bagus harus ditempatkan pada posisi yang tepat dan diberikan upgrade (pemutakhiran) melalui training. Yang berprestasi diberikan nilai lebih, yang melempem digenjot agar menjadi pekerja keras.
Jangan ada sentimen-sentimen antargolongan dalam birokrat. Kita harus bersatu dan berkomunikasi setara untuk membahas setiap problematika rakyat dengan memunculkan solusi-solusi kreatif. Setiap saat, ingatlah selalu bahwa gaji yang didapatkan tersebut berasal dari uang rakyat, dan jabatan kita adalah amanat dan kesempatan untuk berbuat baik. Bupati bukanlah bos atau raja kecil. Fuad ingin semua aparat di jajaran pemda bekerja sebagai mitra yang setara dan bekerja secara kompak dalam suasana menyenangkan untuk meraih prestasi. 

2)  Keadilan pembangunan hingga pelosok desa
Selama ini, ketertinggalan pelosok desa hanya dikatakan sebagai kurang merata, padahal yang tepat, kurang adil. Karena itu  desa-desa di pelosok harus diberi perhatian khusus, bukan untuk memanjakan, melainkan supaya terjadi keseimbangan pembangunan dari kota hingga desa.
Jika jalan-jalan membaik, sarana pendidikan bermutu, sarana kesehatan dan tenaga medis tersedia hingga desa, teknologi berperan, secara otomatis ekonomi pedesaan akan terseret dinamika ekonomi kota. Membangun desa-desa pelosok adalah kewajiban sekaligus membuka peluang baru untuk memajukan perekonomian.


3)  Produk unggul & pemasaran hasil pertanian
Dunia pertanian adalah pilar ekonomi bangsa. Di Temanggung tahun 2012 terdapat 208.281 penduduk usia 10 tahun ke atas yang bergantung pada pencaharian dari basis pertanian. Ini sangat besar dibanding dengan penduduk di sektor industri yang berjumlah 41.656, perdagangan 62.484, jasa 42.835.
Perbandingan ini membuktikan bahwa rakyat Temanggung mesti bangkit bersama dunia pertanian dengan model agribisnis. Apapun risiko dan keadaannya, kita harus memajukan pertanian ke arah yang lebih modern dan terhubung dengan dunia industri, bahkan harus berani ekspor.

-Tembakau itu anugrah Ilahi yang harus dirawat dan dijadikan sarana untuk maslahat umat. Ia bukan anugrah setan yang harus dimusuhi dengan undang-undang. Kita kelola lebih maju produk tembakau untuk kehidupan masyarakat. Kita bangga tembakau menjadi simbol kemakmuran hidup orang Temanggung.

-Padi mesti lebih produktif dengan program-program tanam baru. Sudah tersedia banyak teknik pertanian padi produktif di berbagai daerah. Kita mesti menjadikan padi sebagai basis ekonomi yang memakmurkan petani, menghidupkan perdagangan, dan meningkatkan prestasi pertanian.

-Kopi Temanggung adalah tanaman unggul. Saat ini harus ada wirausahawan kopi yang memproduksi dan memperdagangkan hasil produk kopi ke market-market yang lebih luas dan tidak sekadar menjual mentahan di pasar tradisional. Peluang terbuka karena pasar baru melalui internet bisa menjadi solusi. Sudah terdapat banyak bukti, dan kita tinggal melakukannya.

-Singkong, ketela rambat, dan jenis-jenis palawija di Temanggung sangat bagus. Selama ini dibiarkan menjadi tanaman biasa. Padahal tanaman-tanaman itu merupakan anugrah Ilahi yang luar biasa hebat untuk kehidupan dan kini menjadi solusi ketahanan pangan. Teknologi tepat guna, ilmu pengetahuan dan kewirausahaan pertanian harus diterapkan.

-Selain pertanian, basis perikanan dan peternakan harus dimaksimalkan karena kedua bidang ini sangat erat berhubungan dengan agribisnis. Kami mencanangkan pola agribisnis modern sehingga semua bidang dalam lingkungan pertanian berdaya-guna.


4)  Fasilitas kesehatan lebih baik & merata
Harus dinyatakan bahwa ini merupakan problem cukup berat, tetapi bupati memiliki amanat untuk menjanjikan masa depan kesehatan yang lebih baik. Puskesmas dengan tenaga medis bermutu harus melayani warga kurang mampu.
Akses program pemerataan kesehatan saat ini bisa dilakukan dengan terobosan-terobosan baru dengan menjalin kemitraan dengan lembaga donor kesehatan internasional. Program ASEAN Foundation dan General Electric (GE) yang mencanangkan akses kesehatan untuk orang miskin di pedesaan, misalnya, bisa dijalin sebagai mitra untuk mempercepat akses kesehatan berbasis teknologi mutakhir.
Kemuliaan para dokter ialah ketika bekerja untuk menyehatkan masyarakat. Karena itu, selain membangun sarana kesehatan yang lebih baik, tenaga medis harus diperkuat dengan ilmu pengetahuan dan bekal teknologi modern.


5)  Wirausaha internet untuk generasi muda & ibu rumah tangga
Kewirausahaan bukanlah sekadar tren, melainkan harus menjadi landasan ekonomi yang kuat. Dengan wirausaha yang tangguh, Temanggung akan lebih maju karena penghasilan kelas menengah meningkat. Kita tidak bisa lagi hidup dengan mental konsumen, melainkan harus hidup dengan mental produsen.
Selain tetap memperkuat modal usaha di kalangan Usaha Kecil Mikro dan Usaha Kecil Menengah, dan juga memperhatikan puluhan ribu industri mikro yang telah ada, kita juga perlu melakukan terobosan kewirausahaan melalui jalur internet. Untuk kalangan muda dan ibu rumah tangga, internet telah menjanjikan masa depan ekonomi yang lebih baik.
Saat ini minat kewirausahaan sangat tinggi di kalangan muda dan ibu rumahtangga. Modal inilah yang harus dimaksimalkan, dan internet harus dijadikan sarana untuk menciptakan pasar baru sehingga problematika ekonomi lokal Temanggung tidak berkutat pada modal. Modal, ilmu, teknologi dan bimbingan secara berkelanjutan merupakan syarat mutlak untuk meraih sukses.

6)  Peningkatan prestasi pendidikan, seni & olahraga
Dunia pendidikan adalah pilar utama kemajuan hidup manusia. Sumber Daya Manusia sangat bergantung pada mutu pendidikan. Karena itu, program-program peningkatan mutu pendidikan untuk meraih prestasi yang lebih banyak, terutama di bidang karakter SDM dan prestasi kegeniusan pemikiran yang harus dimaksimalkan.
Temanggung memiliki potensi ini karena selama ini, guru-guru semakin bermutu, tetapi harus ditingkatkan melalui tambahan kualitas sarana dan bahan bacaan sekaligus training-training untuk percepatan prestasi. Siswa unggul harus lahir sejalan dengan kompetisi zaman yang dinamis. Pendidikan sekolah formal maupun non-formal harus saling mengisi.
Demikian juga dengan lembaga pendidikan kultural seperti Pondok-Pesantren, Taman Pendidikan Islam/Al-Quran, Majelis Pengajian, harus menjadi sarana untuk memajukan karakter dan pencapaian akhlak luhur. Kegiatan keagamaan harus dimakmurkan dan Pemda harus mengambil inisiatif untuk menjadi mitra yang baik dengan tokoh-tokoh agama.
Program training untuk para guru, siswa, dan juga SDM di organisasi-organisasi sosial kemasyarakat harus dilakukan secara rutin. Lain dari itu, program bacaan juga harus ditingkatkan. Selain menambah koleksi buku dan peningkatan layanan baca perpustakaan keliling, juga perlu bacaan majalah dinding di setiap desa/kelurahan. Demikian juga dengan program beasiswa untuk siswa berprestasi dan beasiswa untuk anak-anak tidak mampu dari kalangan petani.
Olahraga merupakan kegiatan penting karena memuat semangat sosial. Kekurangan sarana olahraga, membuat generasi muda sering kekurangan kegiatan positif. Pembangunan dan perbaikan lapangan sepakbola tingkat kecamatan harus ditingkatkan sehingga para pemuda dan pemudi Temanggung punya kegiatan sosial yang positif melalui olahraga.
Munculnya banyak kenakalan remaja, narkoba dan seks bebas tak bisa hanya dikendalikan melalui jalur hukum. Kita harus memperingan kerja aparat hukum dengan cara yang bijak melalui pencegahan tepat guna, yakni memaksimalkan kegiatan olahraga dan hobi lain yang bermanfaat untuk perkembangan mental dan karakter generasi.

7)  Membangun insan berkarakter ahklak-mulia
Dari semua rangkaian program kemajuan itu, satu ujung cita-cita kita yang mulia ialah menciptakan produk unggul insan dengan karakter akhlak mulia. Di dunia mana pun, manusia yang bermutu ialah manusia yang memiliki karakter (kepribadian, etos kerja, mental hidup yang baik, cita-cita yang jelas, dan kreatif).
Tetapi sebagai manusia Indonesia, kita perlu mempertegas bahwa karakter-karakter luhur tersebut harus sesuai dengan pandangan dasar keagamaan di masyarakat kita, dan semuanya pasti menginginkan agar setiap individu memiliki akhlak mulia. []


Program-program penting lain

-Pemasangan jaringan internet berbasis WIFI (Wireless Fidelity) atau jaringan internet tanpa kabel lebih luas.
Tujuan > sebagai cara maju, tepat dan bermanfaat untuk transfer ilmu pengetahuan, mempercepat kewirausahaan kaum muda dan ibu rumah tangga, dan tujuan maslahat lain.

-Peningkatan budidaya, pengelolaan pasca panen dan pemasaran bagi petani untuk beragam jenis pertanian (terutama pertanian organik dan semi-organik).
Tujuan> peningkatan mutu produk sehingga mencapai kualitas produk unggul, mutu pasca panen yang lebih bernilai jual, dan penjualan efektif sehingga meraih laba lebih banyak.

-Modernisasi produksi usaha berbasis pertanian. Pengelolaan pasca panen singkong, ubi jalar, kimpul, dan umbi-umbian lainnya.
Tujuan> mendorong wirausaha di kalangan petani kecil, menciptakan produk olahan bergizi dan enak untuk konsumsi masyarakat. Training-training harus digalakkan secara rutin dan dinas perdagangan mendorong lebih cepat promosi hasil produksi.

Kemitraan strategis dengan investor di dalam maupun luar Temanggung. Salahsatu program utamanya ialah memudahkan calon investor untuk memanfaatkan potensi-potensi usaha lokal baik di sektor pertanian, industri, dan wisata.
Tujuan> sebagai strategi peningkatan pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang usaha (pertanian, perusahaan, wisata, dll)

Peningkatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan pengelolaan lebih profesional, tenaga andal, dan memiliki target yang terukur sesuai paradigma bisnis.
Tujuan> meningkatkan pendapatan keuangan Kabupaten Temanggung.

Merawat cagar-cagar budaya sebagai aset kebanggaan daerah melalui tata-kelola yang lebih ilmiah dan arah yang jelas bersama pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Nasional Republik Indonesia.
Tujuan> untuk menggali nilai sejarah yang bisa dijadikan spirit hidup masyarakat sekaligus memberikan nilai wisata dan nilai edukasi bagi generasi bangsa Indonesia.

Memaksimalkan kegiatan seni-budaya Temanggung dengan modifikasi dan dorongan kreatif kepada grup-grup kesenian di Temanggung.
Tujuan> memajukan kesenian tradisional sebagai aset budaya yang lebih berprestasi dan juga mendorong publikasi karya-karya seni susastra, seni lukis, tari, dan lain-lain dengan memberikan suport berupa akses jalinan kerjasama dengan seniman berkelas nasional/internasional.

Industri Kreatif sebagai salahsatu pilar kewirausahaan berbasis internet yang perlu didorong melalui program pelatihan, insentif modal, insentif apresiasi ajang kompetisi, dan lain-lain.
Tujuan> menumbuh-kembangkan talenta dan minat di kalangan pelaku industri kreatif agar lebih maksimal menjadikan kegiatannya sebagai sarana hobi yang bernilai ekonomis sehingga muncul banyak prestasi dan tenaga kerja.

Meningkatkan layanan online pada website resmi Kabupaten Temanggung dengan mendesain secara kreatif, berisi banyak muatan tentang potensi lokal Temanggung.
Tujuan> menjadikan website sebagai sumber informasi lengkap di berbagai bidang yang menarik perhatian masyarakat lokal, wartawan yang akan menggali sumber informasi, dan calon investor.

Teknologi Tepat Guna untuk pertanian, air bersih, biogas perlu digalakkan dengan metode kreatif berbasis sumberdaya lokal.
Tujuan> modernisasi daya guna manusia dalam memajukan pertanian dan kebutuhan hajat hidup keluarga dengan biaya murah tepat sasaran dan ramah lingkungan.

Informasi harga komoditas di pasar untuk masyarakat yang akan disiarkan secara reguler melalui radio agar para petani atau produsen industri kecil mendapatkan akses harga-harga di pasar.
Tujuan> meningkatkan daya tawar penjualan dengan bekal informasi standar harga pasar.

Go Green. Penghijauan Temanggung melanjutkan prestasi Bupati Hasyim Afandi dengan penanaman lebih banyak pohon yang cocok dan jenis pohon yang lebih variatif.
Tujuan>  menjaga ekologi lingkungan dan mengatasi pemanasan global, sebagai tanggungjawab dan kesadaran pemerintah daerah.

Pengaduan langsung kepada bupati untuk urusan publik pemerintahan tentang layanan samsat, RSUD, kecamatan, dan lain-lain melalui akun fesbuk (fans-page).
Tujuan> meningkatkan pelayanan publik dan menghindari praktik korupsi dan kolusi.

Lelang tender secara bersih, melanjutkan tradisi birokrasi yang baik menjadi lebih baik dan meningkatkan informasi lebih luas berkaitan dengan pengadaan-pengadaan tender pemerintahan daerah.
Tujuan> menciptakan birokrasi yang bersih dan transparansi tender.

Mengusulkan sosok K.H Subkhi dan Mohammad Roem sebagai pahlawan nasional.
Tujuan> menjadikan Temanggung memiliki prestasi nasional dalam sejarah dan menjadikan kedua sosok tersebut sebagai tokoh teladan nasional.

Beasiswa untuk siswa unggul dan anak petani kurang mampu
Tujuan> memajukan generasi melalui pendidikan dengan memberi lebih banyak jatah beasiswa baik dengan pembiayaan APBD maupun kemitraan dengan lembaga donor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar