Parakan, Pikatan, Liyangan


PARAKAN: Bambu Runcing menjadi inspirasi pergerakan. Kota ini sekarang menjadi kota paling dinamis dalam perkembangan dan perubahan. Banyak generasi intelektual, pedagang berkelas, agamawan terkemuka, dan spirit kehidupan agama yang majemuk.
Setiapkali berada di Parakan, terasa menjadi bagian akrab dengan saudara-saudara di sini. Saya ingin menulis tentang parakan saat waktu senggang nanti. 
Apa pendapat Anda tentang kehidupan parakan saat ini?

PIKATAN: pemandian, wisata, restoran dan kuburan tua. Sumber inspirasi sejarah kehidupan Temanggung, di mana Rakai Pikatan dimakamkan di sana. Juga para pahlawan pembebasan nasional yang termonumenkan dalam kijing-kijing di atas persemayamannya.
Apa pendapat Anda tentang sejarah Rakai Pikatan dan Mataram Kuno?

LIYANGAN: beberapa bulan terakhir ini, berita tentang Situs Liyangan di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, menjadi perhatian media nasional. Penemuan situs dengan penggalian yang pada akhirnya menemukan jejak kehidupan di masa silam tersebut sangat memperkaya khazanah sejarah kita. Diperkirakan situs tersebut merupakan pemukiman Mataram Kuno akibat letusan gunung Sindoro. Kita berharap dari pemerintah nasional, melalui Balai Arkeologi dan lembaga lain, bisa lebih jelas dalam mengungkap kehidupan masa lalu dari hasil kajiannya.
Sejarah itu penting, selagi kita tertarik untuk menafsirkannya sebagai ide, gagasan, atau inspirasi hidup. Bangsa-Bangsa Eropa yang maju karena mereka menemukan jati dirinya dari sejarahnya. Menemukan jati diri dari masa lalu, kemudian ditafsir secara cerdas, dan akhirnya dijadikan kerangka pijak menemukan hakikat diri kita dalam konteks membentuk ciri khas/karakter hidup. Tafsir sejarah memungkinkan berpikir lain, dan dengan itu kita menambah kekayaan pemikiran dalam diri kita.
Apa pandangan Anda tentang situs liyangan?

Tema lain nanti kita lanjut lagi ya.....
Salam.
Fuad Hidayat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar